Login

Register

Login

Register

4 Fakta Menarik Special Show Keadaan Kahar Pandji Pragiwaksono

Blog - May 24, 2021

Sudah nonton Keadaan Kahar Pandji Pragiwaksono? Digital Download-nya telah rilis dan dapat kamu unduh di website Comika.id, loh. Nah, supaya semakin menarik, berikut ini 4 fakta dibalik pertunjukan tersebut yang mungkin bakal bikin kamu makin penasaran.

1. Berkali-kali Kentut Saat Tampil

Sejak sore, Pandji mengaku sudah masuk angin. Penyebabnya saat check sound di rooftop, ia terus-terusan diterpa angin sore. Belum lagi di ruang tunggu yang dingin karena ber-AC. Pandji pun akhirnya menenggak beberapa Tolak Angin yang ia minta dari David Nurbianto. Bahkan Pandji mengaku kentut berkali-kali saat ia tampil. Hal ini pun yang membuat Keadaan Kahar menjadi satu-satunya pertunjukan Stand-up Comedy Pandji yang kentut sambil manggung.

2. Persiapan Super Cepat

Pandji bercerita, total open mic untuk menguji setlist Keadaan Kahar hanya 3 kali. Termasuk H-1 sebelum Keadaan Kahar diselenggarakan, Pandji sempat bertandang ke open mic Stand-up Indo Tangsel. Hebatnya, dengan persiapan kilat tersebut, ia mampu mengingat semua bit-nya dan cukup tenang dalam berimprovisasi. Alhasil, dari set asli yang hanya 1 jam 15 menit, bertambah menjadi 1 jam 35 menit.

3. Terinspirasi Album Carakarantina

Salah satu inspirasi terbesar lahirnya Keadaan Kahar adalah saat Pandji mendengarkan album “Carakarantina” dari rapper Indonesia, Ariel Nayaka. Sebuah album yang lahir dari kondisi karantina di rumah. Pandji pun berpikir bahwa seharusnya seniman merespon jaman dgn karya semacam itu. Akhirnya, ia pun memutuskan membuat suatu karya untuk merespon tahun 2020 yang bersejarah.

4. Sudah Tersedia Sejak 2018

Judul “Keadaan Kahar” sebenarnya sudah lama dipikirkan oleh Pandji. Bahkan ia menyimpan istilah tersebut sejak sekitar 2018. Pandji mengaku sangat suka istilah itu. Dan sudah menjadi kebiasaannya untuk mengumpulkan ide-ide tanpa tahu mau diapakan ide tersebut. Hingga karya terbarunya itu dirilis, Pandji berprinsip bahwa ‘ide itu dikumpulkan, bukan dipikirkan ketika dibutuhkan.’

Bagaimana, sudah penasaran ingin nonton Keadaan Kahar? Kunjungi Comika.id Segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code