Login

Register

Login

Register

Keadaan Kahar Tandai Bangkitnya Panggung Stand-Up Dengan Protokol Kesehatan

Blog - June 16, 2021

Akhir 2020 lalu, dunia panggung hiburan masih dalam keadaan lesu. Kala itu vaksin belum mendarat di Indonesia, kondisi pandemi juga masih tinggi. Namun berdiam diri bukanlah pilihan. Seorang pekarya harus bisa beradaptasi di Keadaan Kahar, dan hal tersebut yang juga jadi titel dari pertunjukan spesial Pandji Pragiwaksono yang kedelapan.

Karena kondisi luar biasa ini adalah pandemi, yang paling diperketat di pertunjukan Pandji kali ini adalah protokol kesehatan. Hal pertama yang dilakukan adalah memilih venue outdoor, dengan tempat duduk berjarak antar sekelompok penonton dan lainnya.

Lokasi outdoor sendiri penting untuk mengurangi persebaran virus. Melansir laporan Centers for Disease Control and Prevention, ruangan tertutup, apalagi ber-AC, membuat udara selalu resirkulasi. Jika ada virus di kondisi tersebut, penonton akan berisiko terpapar. Dengan menggunakan venue outdoor, udara tidak akan resirkulasi.

Tak cuma sirkulasi udara, tak bisa dimungkiri kalau jarak jadi faktor penting dibendungnya virus. Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal medis The Lancet, dengan menjaga terpapar virus berkurang hanya di angka 13 persen saja. Terlebih lagi ini di jarak yang lebih jauh dan di luar ruangan.

Persebaran virus pun ditahan sejak awal, karena semua penampil dan kru telah diswab, dan penonton diwajibkan swab minimal antigen. Ditambah lagi pemanfaatan gadget dari Qlue yang mampu memindai suhu tubuh dan memperingatkan jika tak pakai masker.

Protokol kesehatan sendiri memang menempuh jalan yang sulit, namun merupakan pilihan utama untuk memprioritaskan kesehatan. Jadi pada kondisi di luar kemampuan manusia seperti pandemi, pertunjukan ‘Keadaan Kahar‘ patut jadi contoh dan penanda panggung stand-up telah kembali.

Nah untuk saat ini, kondisi sudah banyak berubah. Para pegiat stand-up pun sudah mendapatkan vaksin, dan geliat komedi sudah mulai terlihat. 

Jadi, untuk kamu yang ingin menyimak show stand-up dalam beberapa waktu mendatang, jangan lupa untuk lebih menjaga kesehatan, lebih rajin cuci tangan, jaga jarak, dan menjaga imunitas tubuh ya!

#ComikaFun #ComikaReview #KeadaanKahar #Comikamedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code