Login

Register

Login

Register

Live Streaming, Kunci ‘Keadaan Kahar’ Tetap Hadirkan Banyak Penonton

Blog - June 26, 2021

Di tengah pandemi seperti saat ini, salah satu cara kita menyimak acara stand-up comedy adalah lewat live streaming. Merespons pandemi pun, Comika memperkenalkan Comika Comedy Club yang merupakan ‘virtual comedy club’ pada Mei tahun lalu.

Pertunjukan spesial pun yang awalnya banyak tertunda karena pandemi, akhirnya bermunculan kembali pada pertengahan 2020. Diawali oleh pertunjukan ‘Sudah Bebas‘ dari Mc Danny. Pertunjukan ini digadang jadi special show pertama dengan konsep hybrid: menggabungkan pertunjukan langsung dengan penonton di venue, dengan siaran langsung via Zoom.

Pandji Pragiwaksono sendiri mengadakan pertunjukan spesialnya yang kedelapan yakni ‘Keadaan Kahar‘ dengan konsep hybrid. Melalui siaran langsung lewat Comika Comedy Club, ‘Keadaan Kahar‘ bisa dinikmati dari kenyamanan rumah masing-masing yang aman dari persebaran virus.

“Keputusan (live streaming) karena gua dan Comika bertanggung jawab untuk cari tahu, harusnya gimana sih bikin special show zaman sekarang,” ungkap Pandji. “Gua pengen tahu aja di level gua apakah ini sesuatu yang oke. Dan ternyata, eksperimennya berhasil,” tambahnya.

Keberhasilan ini ia ungkap, mengacu pada jumlah penonton yang besar. “Yang di tempat ada 66 orang, tapi yang total yang nonton seribu karena streaming,” aku Pandji.

Ia pun juga puas dengan tidak adanya pembajakan yang terjadi. Mengingat, siaran langsung semacam ini sangat berisiko untuk dibajak.

“Sampai sekarang bajakan atau bocoran [dari] Keadaan Kahar streaming belum ada. Yang berarti, 1.000 orang yang nonton bertanggung jawab dengan apa yang dia dapatkan,” tukasnya.

Pandji menambahkan, risiko siaran langsung memang besar, terlebih dengan materi yang sensitif. Namun ketika diambil, hal tersebut berbuah manis, dan merupakan indikator positif ke depannya.

Dirinya juga senang kala siaran langsung sudah menjadi standar baru untuk pertunjukan spesial saat ini. Karena komika jadi punya sarana beradaptasi.

“Berarti, kita gak nunggu keadaan berbalik seperti dulu. Kita coba untuk jalan mengikuti keadaan yang sekarang,” tutupnya.

#ComikaReview #KeadaanKahar #Comikamedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code