Login

Register

Login

Register

Menyelami Tipu Daya Kehidupan Ibu Kota Lewat Pertunjukan Sandiwara Jakarta

Blog - October 25, 2021

Ibu Kota adalah tanah dengan sejuta impian yang ditebarkan. Ada harap, doa dan usaha yang digenggam olah jutaan orang setiap harinya. Tapi, yang namanya kehidupan tak selamanya semulus jalan tol penghubung antar kota, seringkali kita masih harus menemui jalan tanah dan berlubang macam di pelosok desa.

Dan hitam putih kehidupan tentang Ibu Kota digambarkan dengan sempurna dalam pertunjukan spesial ‘Sandiwara Jakarta’. Secara aksi panggung, para komika tidak melakukan komedi tunggal, mereka secara runut membuat lakon dengan set, alur cerita dan beradu peran macam pertunjukan teater atau Lenong.

Sandiwara Jakarta menjadi panggung yang menampilkan banyak komika. Mulai dari Rachman Avri, Afif Xavi, Marshel Widianto, Uus, Tomi Babap, Barry Williem, Popon Kerok, Dicky Difie dan beberapa nama lainnya.

Disutradarai oleh Ence Bagus, ‘Sandiwara Jakarta‘ dengan tema Balada Jaja Sukarta menceritakan tentang seorang juragan tanah dari Betawi, yaitu Jaja Sukarta (Rachman Avri) yang mendapatkan pelajaran berharga tentang perputaran uang yang harus raib dalam bisnis penipuan.

Sebenarnya, Sandiwara Jakarta bukan cuma perihal uang yang berbelit saja. Ada elemen keluarga, pertemanan dan kehidupan orang-orang yang dihadirkan dengan apik di atas panggung oleh Ence Bagus. Dan memang nasib keluarga Babeh Jaja dibuat kurang beruntung pada pertunjukan tersebut.

Isu sosial yang dibawakan dalam Sandiwara Jakarta adalah hal yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Keinginan akan hal-hal yang glamor harus berhadapan dengan kenyataan pahit, kesuksesan yang instan menjadi bualan belaka, sampai untuk mempercantik diri layaknya bintang sinema akan berbuah fatal dan sia-sia jika bukan di tangan yang tepat.

Ya, mungkin apa yang ada dalam ‘Sandiwara Jakarta‘ juga banyak terjadi tak hanya di Ibu Kota. Namun, hal tersebut menjadi sebuah cara untuk memberikan sebuah peringatan bahwa Ibu Kota tak seindah apa yang dilihat di layar kaca.

Digital download ‘Sandiwara Jakarta‘ sudah bisa kamu dapatkan di Comika.id seharga Rp.75.000. Dapat dipastikan, pertunjukan selama 2 jam lebih ini tidak akan mengecewakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code