Login

Register

Login

Register

3 Langkah Penulisan Materi Stand-Up Ala Pandji Pragiwaksono

Blog - May 24, 2021

Beberapa waktu yang lalu, Pandji Pragiwaksono merilis video Youtube yang berisi program mentoring SUCI IX. Salah satu yang dibahas dalam mentoring tersebut adalah soal penulisan materi. Bukan soal teori, namun benar-benar soal teknis dalam hal menulis materi.

Dalam video tersebut, Ben Dhanio menanyai Pandji soal bagaimana baiknya penulisan materi, diketik atau ditulis. Pandji punya beberapa jawaban.

Berikut Comikamedia akan menyarikan langkah penulisan materi stand-up ala Pandji Pragiwaksono. Berikut ulasannya!

1. Mengetik Materi Agar Lebih Cepat

Pandji mengungkap bahwa untuk mengembangkan materi, ia menulis materi dengan mengetiknya. Hal ini dilakukan karena hal tersebut lebih cepat, ketimbang tulis tangan.

Pandji menyebut bahwa idenya selalu mengalir, sehingga gagasan yang muncul harus segera diketik agar tak hilang.

Urutan penulisan Pandji adalah: menulis ide di notes smartphone; ketika dibutuhkan, pindahkan ke MS Word, lalu tulis kata-per-kata; melakukan ‘trim’ untuk tulisan yang tidak penting; lalu dipindahkan lagi ke notes smartphone untuk menghafal.

2. Menulis Tangan Untuk Menghafal

Ketika untuk mengembangkan Pandji merasa mengetik adalah metode yang lebih efisien, berbeda dengan untuk menghafal. Menurutnya, menulis tangan adalah metode terbaik untuk menghafal materi stand-up.

Ia bercerita, tiap sebelum openmic ia akan membuka buku materi untuk menulis ulang materinya, dan apa-apa yang dia ingat ke buku catatan.

Dalam pertunjukan terakhirnya ‘Keadaan Kahar,’ Pandji menghafal dengan cara menulis ulang materinya hingga tiga kali, sampai tidak ada satu materi pun yang terlewat.

3. Merekam Video Openmic, Kembali Untuk Menghafal

Pandji berbagi soal metode perekaman openmic. Pandji menyebut bahwa dirinya harus merekam video openmic, alih-alih hanya audio saja. Hal ini dilakukan karena ia tak cuma mempelajari penampilannya secara verbal, namun juga gerak-gerik act-out yang ia lakukan.

Metode ini juga merupakan cara dia untuk kembali menghafal materinya, sebelum diturunkan di pertunjukan spesial atau tur.

Menurutmu, mana metode menulis materi yang paling cocok buat kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code