Login

Register

Login

Register

Rio Dumatubun Siap Tuangkan Banyak Ketakutan Hidup dalam ‘Insecurity’

Blog - December 6, 2022

Percayalah, jika kita menyebut nama Rio Dumatubun hari ini, tidak mungkin tak ada yang mengenalnya. Security kocak ini sudah terkenal sejak langkahnya menjuarai kompetiso SUCI IX. Coba tanya ke satpam perumahanmu pasti ia kenal Rio. Komandannya juga pasti tahu. Satpam bank sekitar rumahmu juga pasti tahu.

Kali ini, Rio ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dalam panggung stand-up comedy. Ia menyampaikan kabar bahwa dirinya akan menggelar pertunjukan spesial bertajuk Insecurity. Ya, bayangan security itu masih cukup lekat dengan sosok Rio. Meskipun ia sudah cukup lama memisahkan diri dari seragam satpamnya yang berjumlah lusinan itu.

Pasca perhelatan Explishit volume 3 lalu, Comikamedia mendatangi Rio yang menjadi punggawa tetap Explishit. Seusai dirinya memandu acara di antara komika-komika dengan kemampuan spesial yang sulit ditiru oleh komika-komika lain. Kami mulai membicarakan Insecurity dan banyak hal di balik semangat Rio menggelarnya beberapa waktu mendatang.

Insecurity itu jelas ya sama kaya judulnya. Ketakutan-ketakutan gua yang gue kemas jadi materi stand-up. Karena gua ngerasa, di balik orang yang insecure itu ada usahanya. Usaha untuk keluar dari insecure itu. Pilihannya cuma ada dua, berusaha atau pasrah. Dan gua termasuk yang berusaha, sampai insecure itu terus jadi spesial.” ucap Rio.

“Ada tiga premis besar, ya. Keluarga, agama dan karir. Tiga-tiganya bikin gua insecure. Di keluarga, lu sebagai bapak harus ngasih yang terbaik, kan? Tapi tiba-tiba ada masalah yang nimpa. Agama, gua lahir dari bapak dan ibu yang beda agama. Gua ngerasain bully juga di waktu yang lalu. Akan gua bahas nanti, kenapa gua ngerasain itu ya? Kok bisa ya ada masalah kaya gini?” sambungnya.

Pertunjukan spesial memang tak bisa sembarangan. Rio sendiri mengakui beberapa hal untuk akhirnya mampu meyakinkan diri memberikan suguhan yang lain daripada panggung biasanya. Sejumlah faktor disebutnya seperti keberanian, kawan-kawan, bukti CCTV dan lain-lainnya deh.

“Ada orang bikin spesial karena lihat teman-temannya bikin. Ada yang bikin spesial karena benar-benar yakin. Nah kalau gua, bikin spesial karena mau ngelawan rasa insecure gua sebetulnya. Anjir, gua tuh harusnya bisa. Secara kapasitas gua tuh mampu. Kebetulan, 3 premis besar itu emang lagi gua rasakan banget. Insecure lainnya, ini laku ngga ya? Hahaha.” kilahnya tertawa.

Rio sudah menyiapkan materi pertunjukan spesial ini dari jauh waktu sebelum ia ikut andil dan menjuarai SUCI IX namun bukan dengan judul Insecurity. Tapi, pandemi menyerang. Pekerjaan dan beberapa gigs memaksanya harus menggunakan materi-materi tersebut. Bahkan sampai dirinya kini tak lagi berseragam security. Dan tak ada penyesalan untuk itu. Semuanya ia tulis ulang dan sudah menyentuh angka 60% jelang perhelatannya pada 8 Oktober 2022.

“Resign dari satpam itu murni keputusan gua yang didukung keluarga. Karena yang terdampak secara ekonomi itu keluarga. Dan keputusan untuk resign juga izin dari istri. Terus mereka juga percaya bahwa gua akan nafkahi dari stand-up. Tapi, materi tentang satpam juga akan tetap ada. Karena itu kan masuk dari karir gua juga.” papar Rio.

Pertunjukan ini jangan sampai terlewat. Kita akan dibawa ke berbagai hal intim milik Rio Dumatubun yang mungkin hanya akan dibawa pada malam Insecurity itu saja. Ada sedikit pengantar dari Rio Dumatubun supaya kamu bergairah membeli tiket dan datang ke Insecurity.

“Gua ngga bermaksud gimana-gimana. Ini salah satu pertunjukan spesial yang gua persiapkan sedemikian rupa. Kalau lu mau kenal dengan gua lebih jauh, silakan beli tiketnya dan kita bersenang-senang di panggung Insecurity. Karena rasa insecure bukan cuma gua doang yang ngerasain. Dan gimana caranya menertawakan rasa insecure, itu akan gua sampaikan.” tutup Rio.

Jangan ketinggalan keseruan dari stand-up comedy Insecurity. checkout sekarang eksklusif hanya di Comika.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seriously

popon minded

Patraiarki

BALASDI17