Login

Register

Login

Register

Untuk Sempurnakan ‘Keadaan Kahar,’ Pandji “Belanja” Materi Bernilai Jutaan Rupiah

Blog - July 2, 2021

Keadaan Kahar‘ jadi pertunjukan spesial kedelapan Pandji Pragiwaksono yang menampilkan sebuah hal unik: Pandji menggunakan materi orang lain.

Kok bisa? Bisa dong, karena Pandji secara resmi membeli materi tersebut melalui lelang di acara Bid The Bit besutan Comika Comedy Club.

Proses jual beli materi stand-up sudah jadi hal lazim tak cuma di Tanah Air, namun di negeri meledaknya lawak tunggal yakni Amerika Serikat. Perjanjiannya adalah ketika sudah dibeli, materi tidak lagi bisa dibawakan oleh komika penjualnya. 

Situasinya sama persis dengan membeli rumah, di mana ketika sudah dibeli orang, rumah tersebut tak berhak dipakai pemilik lama. Paling pol, pemilik lama hanya bisa bilang “eh tau gak, itu dulu punyaku lho…”

Ini terjadi pada Pandji. Seperti yang ia ceritakan di unggahan Youtube “5 CERITA BALIK LAYAR “KEADAAN KAHAR“,” total ada empat buah bit yang ia beli dan pakai untuk menyempurnakan set ‘Keadaan Kahar.’

“Gua datang dengan kesadaran kalau emang gua ada corporate gig, tapi gua juga punya special nih. Gua butuh tambahan-tambahan bit,” ungkap Pandji. “Akhirnya gua beli beberapa bit yang akhirnya gua pakai,” tambahnya.

Pandji mengakui bahwa ketika proses lelang bit, banyak bit yang pas dengan “chunk” dalam set ‘Keadaan Kahar.’ Salah satunya adalah tentang Habib Rizieq. Di antaranya adalah kesamaan komika dengan Habib Rizieq, serta bit tentang beliau pulang dari Rumah Sakit. Dua bit “belanjaan” Pandji sisanya adalah tentang ukuran alat vital serta satu bit yang dirahasiakan.

Ia sendiri mengakui kalau ini adalah pertama kalinya ia membeli sebuah bit dari komika lain, lalu dipakai di pertunjukan spesial. Total yang ia bayar pun tidak sedikit.

“Total kayaknya gua belanja lebih dari sejuta. Kayaknya hampir dua juta gua belanja bit waktu itu,” akunya. “Tentunya investasi yang mantap sekali, tepat guna investasinya,” tutup Pandji.

#ComikaReview #KeadaanKahar #Comikamedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code